Tubuh kaya akan air

Kamis, 03 Juni 2010


Tahukah kamu bahwa air ada di setiap bagian tubuh? Kalau kamu mau tahu bagian-bagian tubuh yang memiliki air, baca saja penjelasannya berikut ini. Baca pula penuturan Dr. Fereydoon Batmanghelidj, M.D. atau yang akrab disapa Dr. B tentang pentingnya air dalam tubuh. Ia adalah seorang peneliti air asal Iran.

Dr. B menemukan fakta bahwa otot-otot yang menggerakkan tubuh kita terdiri dari 75 persen air. Sementara itu, darah yang mengalir dalam tubuh kita untuk mengantarkan zat gizi ke seluruh bagian tubuh terdiri dari 82 persen air.

Bukan itu saja, Dr. B juga memaparkan bahwa paru-paru yang membuat kita tetap bisa bernapas terdiri dari 90 persen air. Begitu pula dengan bagian otak kita, yang memiliki kandungan air sebanyak 76 persen. Bahkan, tulang kita pun terdiri dari 25 persen air.

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa tubuh kita memang kaya akan air. Air yang membuat bagian-bagian tubuh kita berfungsi dengan baik. Mengingat besarnya manfaat air, tubuh kita pun jangan sampai kekurangan air. Bila hal ini terjadi, menurut Dr. B, tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang berkepanjangan akan menjadi sumber dari 85 persen penyakit. Dengan kata lain, jika kebutuhan air dalam tubuh cukup, hal itu akan menghindari kita dari berbagai penyakit, seperti asma, diabetes, radang sendi, dan radang usus besar.

Tubuh Memiliki Sinyal


Bagaimana mengetahui kebutuhan air dalam tubuh cukup? Tubuh kita sebenarnya telah memiliki sinyal atau alarm yang sangat baik. Ini ditandai melalui air urine yang kita keluarkan. Jika air urine berwarna bening, itu tandanya kandungan air dalam tubuh sudah cukup. Namun jika air urine berwarna kuning, artinya tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan air dalam tahap ringan. Sementara itu, jika air urine berwarna gelap, itu menunjukkan tubuh kita mengalami dehidrasi pada tingkat berat.

Seperti dijelaskan Dr. B, air ada di setiap bagian tubuh kita. Agar bagian-bagian tubuh kita tetap berfungsi dengan baik, persediaan air dalam tubuh pun harus diperhatikan. Minum air putih adalah aktivitas sederhana yang bisa dilakukan olehmu agar tubuh tetap sehat. Yang perlu diingat, minum air putih tidak saja saat kita haus. Justru ketika kita sering merasa haus, itu artinya tubuh kita telah mengalami dehidrasi berat. Rasa haus yang muncul mengabari kita bahwa kandungan air dalam tubuh sudah sangat kurang. Jadi, sering-seringlah meminum air putih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

my video

slide